Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Renang Pada Siswa Kelas X TKJ 1 Semester 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Renang Pada Siswa Kelas X TKJ 1 Semester 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017
|
|
Creator |
Supargo, Agus
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas X TKJ 1 pada waktu pembelajaran Penjaskes diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 26 siswa hanya 9 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 17 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Renang tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Renang serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Direct Instructions. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas X TKJ 1. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Renang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Direct Instructions untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Renang siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 69,2% dan pada siklus II 88,5%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Renang melalui Direct Instructions dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Renang. Oleh karena itu guru menggunakan Direct Instructions dalam pembelajaran Penjaskes pada materi Renang agar Hasil belajar siswa meningkat.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/172
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 66-73
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/172/112
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|