Upaya Meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya tentang Gerak Tari dan Iringan dengan Penerapan Metode Direct Learning Pada Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya tentang Gerak Tari dan Iringan dengan Penerapan Metode Direct Learning Pada Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung
|
|
Creator |
Budiono, Slamet Sudarto
|
|
Description |
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah seluruh siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 12 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan Metode Direct Learning dalam pembelajaran Seni Budaya pada siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun 2018/2019 ini, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : Penerapan Metode Direct Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar Seni Budaya materi Gerak Tari dan Iringan pada siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai Seni Budaya siswa Kelas IX-C dari pra siklus, siklus I sampai Siklus II. Pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 6 siswa atau 20,7%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 19 siswa atau 65,5%, pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 27 siswa atau 93,1% dari 29 siswa. Dari pra siklus kemudian dilaksanakan siklus I prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 44,8%. Dan dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 27,6%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/167
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 31-40
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/167/107
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|