Record Details

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Tugu Kabupaten Trenggalek

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Tugu Kabupaten Trenggalek
 
Creator Sukarman, Sukarman
 
Description Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran obyektif tentang Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Tugu Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang biasa dilalui, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela VIIIA SMP Negeri 1 Tugu Trenggalek tahun pelajaran 2019/2018 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yairu nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan. Dari 58.67 meningkat pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65.33 dan pada siklus II rata-rata nilai  yang  diperoleh siswa adalah 74,33 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 5 siswa tuntas dengan presentase 16.67% pada siklus 1 sebanyak 17 siswa tuntas atau sebesar 56.67% dan pada siklus ke dua sebanyak 28 siswa tuntas atau 93.33%. Sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam perbaikan pembelajaran bahwa siswa yang dinyatakan tuntas belajar jika mendapat nilai Tes Evaluasi sebesar 70 ke atas dan jika 75% dari siswa telah tuntas belajarnya.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/284
10.28926/jpip.v2i1.284
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 93-100
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/284/212
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan