Record Details

Workshop Silabus dan RPP sebagai Sarana Pendampingan Berkelanjutan Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja SD Negeri 3 Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Workshop Silabus dan RPP sebagai Sarana Pendampingan Berkelanjutan Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja SD Negeri 3 Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Karsiyati, Yiyik
 
Description Abstrak: Upaya meningkatkan motivasi dan kinerja Guru Guru kelas dalam menyusun dan mengembangkan Silabus dan RPP dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapat Guru kelas yang belum paham apa sebenarnya silabus  dan hubungannya dengan RPP (b) apa kegunaan Silabus  dalam pembuatan RPP (c) bagaimana menyusun silabus dan mengembangkannya. (d) Masih ada guru yang dalam penyusunannya kurang lengkap dan sistematis. Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Pendampingan Berkelanjutan Proses Pembelajaran Guru SDN 3 Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban dalam rangka meningkatkan motivasi dan kinerja Guru melalui Workshop Silabus dan RPP . (2) Meningkatan motivasi dan kinerja Guru-Guru SD Negeri 3 Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban melalui Workshop Silabus dan RPP (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru SD Negeri 3 Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban dalam rangka meningkatkan motivasi dan kinerja Guru melalui Workshop Silabus dan RPP dengan menggunakan  penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan  Workshop Silabus dan RPP guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham dan termotivasi kinerjanya, setelah diadakan Workshop Silabus dan RPP dua kali pada tanggal 16 Mei dan 27 Mei 2020 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun  dan mengembangkan Silabus dan RPP serta meningkatkan motivasi dan kinerja Guru. Penilaian melalui Rubrik Penilaian silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus 1 yang mendapat kategori cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai  baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Workshop Silabus dan RPP  penyusunan, pengembangan  Silabus dan RPP yang lengkap dan sistematis serta peningkatan motivasi dan kinerja Guru pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.  Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Kelas agar mengoptimalkan perannya sebagai perencana, pengorganisir, dan penilai pembelajaran, penyusunan Silabus dan RPP agar terus dikembangkan dalam MGMP.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/278
10.28926/jpip.v2i1.278
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 73-82
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/278/209
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan