Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penerapannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi tentang Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan pada Siswa Kelas IX-A semester I SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penerapannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi tentang Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan pada Siswa Kelas IX-A semester I SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Yamini, Yamini
|
|
Description |
Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-A pada waktu pembelajaran IPS Ekonomi di peroleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam menyelesaikan soal tentang Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,9% dan pada siklus II86,1%.Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan melalui Metode Mind Mapping dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPS Ekonomi pada materi Uang dan Lembaga Keuangan dalam Perdagangan
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/277
10.28926/jpip.v2i1.277 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 61-72
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/277/206
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|