Record Details

Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Materi Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan “Konsep Tri Hita Karana “ pada Siswa Kelas VII-E SMPN 2 Ngunut, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Materi Kegiatan Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan “Konsep Tri Hita Karana “ pada Siswa Kelas VII-E SMPN 2 Ngunut, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020
 
Creator Nurhayati, Titik
 
Description Abstrak: Konsep Tri Hita Karana dapat memberikan suatu pengaruh terhadap hasil belajar, karena salah satu konsep Tri Hita Karana yakni menjaga keharmonisan terhadap sesama teman dan taat pada perintah agama dan guru akan dapat memberikan suatu hasil yang lebih baik dalam upaya mencapai aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif yang mampu memberikan tuntunan hidup kepada para siswa. Konsep ini mendasari penelitian ini karena dalam penelitian ini siswa dituntut untuk memiliki kompetensi spiritual seperti yang dicantumkan pada RPP pada KI-1. Hal ini sesuai dengan konsep hubungan manusia dengan Tuhan.  Selain itu siswa juga dituntut untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam kelompok. Dalam kegiatan ini siswa menerapkan konsep berhubungan dengan sesama manusia. Interaksi guru siswa dan siswa dengan siswa juga merupakan implementasi hubungan dengan sesama manusia. Hubungan ini memiliki tagihan berupa sikap sosial yang juga telah tercantum dalam RPP pada KI-2. Konsep ketiga dalam Tri Hita Karana adalah hubungan manusia dengan lingkungannya. Untuk melaksanakan konsep yang ketiga ini penulis menerapkan konsep belajar dari lingkungan, sehingga dalam RPP dituangkan konsep untuk lebih mengenal linkungannya dengan siswa berkunjung ke tempat-tempat produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan mengenal lingkungan ini diwujudkan dalam laporan kelompok berupa foto yang ditayangkan dalam kegiatan presentasi dan pameran/display. Penulis tertarik dengan konsep Tri Hita Karana yang dianut oleh masyarakat Hindu/Bali ini karena sngat sesuai dengan implementasi pembelajaran saat ini, dimana pembelajaran mengakomodasi hubungan siswa dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungannya yang pada akhirnya ketiga hal ini membawa kebahagiaan keseimbangan dan keselarasan dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Ngunut kelas VII-E tahun pelajaran  2019-2020. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 di SMPN 2 Ngunut, penelitian ini menggunakan perlakuan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan “Konsep Tri Hita Karana “ untuk kelas VII-E dilaksanakan dalam 3 minggu dalam 6 pertemuan. Siklus I dilaksanakan dalam dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir, sedangkan siklus II dilaksanakan dalam dua pertemuan dan juga diakhiri dengan tes akhir siklus II. Materi yang diajarkan dalam kurun waktu penelitian ini adalah materi kegiatan ekonomi. Nilai awal diambil dengan pre-tes yang dilaksanakan sebelum penelitian. Dari tabel 4.2 dapat dilihat bahwa rerata hasil pre-tes siswa adalah 72, sedangkan rerata hasil tes akhir siklus II adalah 78, dan rerata hasil tes akhir siklus II adalah 87. Dengan prosedur penelitian tindakan kelas ini, hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning Dengan “Konsep Tri Hita Karana“ dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa (KD 3.3) dalam memahami dan menerapkan pengetahuan pada materi materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas VII-E SMPN 2 Ngunut tahun pelajaran 2019-2020. Dengan kondisi siswa yang semakin milenial, model  pembelajaran yang memberi kebebasan kepada siswa untuk belajar mandiri dari berbagai sumber sangat disarankan.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/276
10.28926/jpip.v2i1.276
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 57-60
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/276/205
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan