Pembinaan Guru Model dalam Matematika untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa dengan Teknik Self Management Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembinaan Guru Model dalam Matematika untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa dengan Teknik Self Management Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Nafi’ah, Siti
|
|
Description |
Abstrak: Pembelajaran Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Teknik Self Management adalah metode untuk menunjang penelitian ini sebagai penyelesaian masalah manajemen dan motivasi dalam program-program pembelajaran individual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Matematika setelah melaksanakan program Matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Teknik Self Management di SD Negeri 3 Demuk. (2) Meningkatan motivasi mengajar guru Matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Teknik Self Management di SD Negeri 3 Demuk. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah guru Matematika melaksanakan program Matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Guru model dengan Teknik Self Management di SD Negeri 3 Demuk. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Guru model dengan Teknik Self Management sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V dan VISD Negeri 3 Demuk Semester 1tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 31,5% dan 35,5, siklus II naik 25.0% dan 20.7% Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Guru model dengan Teknik Self Management dapat berpengaruh positif terhadap Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa serta dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa SD Negeri 3 Demuk, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/275
10.28926/jpip.v2i1.275 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 47-56
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/275/204
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|