Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
 
Creator Munawaroh, Sadiyatul
 
Description Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tajwid Q.S. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait melalui model pembelajaran Inquiry learnimg berbantukan media permainan bendera tajwid pada kelas 9H SMP Negeri 1 Tulungagung tahun 2019. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan Kelas (PTK)  yang tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi Penelitian di SMP Negeri 1 Tulungagung pada kelas 9H dengan jumlah siswa 37 anak yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran inquiry learning berbantukan media permainan bendera tajwid  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami hukum bacaan tajwid dan penerapan dalam membaca QS. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait. Dalam memahami hukum bacaan tajwid  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu untuk rata-rata nilai pada siklus I (72,57%), siklus II (78,11%)dan siklus III (82,49%), untuk ketuntasan belajar pada siklus I (54,05%), siklus II (78,37%)dan siklus III (89,11%), sedangkan pada penerapan dalam membaca Q.S. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu pada siklus I yang predikat sangat baik 18,91%, baik 32,43%, cukup 24,32% dan kurang 24,32%, pada siklus II mengalami peningkatan yang memperoleh predikat sangat baik 24,32%, baik 37,83%, cukup 18,91% dan kurang 18,91% dan pada siklus III untuk predikat sangat baik 27,02%, baik 54,05%, cukup 8,10% dan kurang 10,81%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/274
10.28926/jpip.v2i1.274
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 35-46
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/274/203
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan