Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
|
|
Creator |
Munawaroh, Sadiyatul
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tajwid Q.S. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait melalui model pembelajaran Inquiry learnimg berbantukan media permainan bendera tajwid pada kelas 9H SMP Negeri 1 Tulungagung tahun 2019. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi Penelitian di SMP Negeri 1 Tulungagung pada kelas 9H dengan jumlah siswa 37 anak yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran inquiry learning berbantukan media permainan bendera tajwid dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami hukum bacaan tajwid dan penerapan dalam membaca QS. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait. Dalam memahami hukum bacaan tajwid mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu untuk rata-rata nilai pada siklus I (72,57%), siklus II (78,11%)dan siklus III (82,49%), untuk ketuntasan belajar pada siklus I (54,05%), siklus II (78,37%)dan siklus III (89,11%), sedangkan pada penerapan dalam membaca Q.S. Al-Hujurat/49.13 dan Hadits terkait mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu pada siklus I yang predikat sangat baik 18,91%, baik 32,43%, cukup 24,32% dan kurang 24,32%, pada siklus II mengalami peningkatan yang memperoleh predikat sangat baik 24,32%, baik 37,83%, cukup 18,91% dan kurang 18,91% dan pada siklus III untuk predikat sangat baik 27,02%, baik 54,05%, cukup 8,10% dan kurang 10,81%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/274
10.28926/jpip.v2i1.274 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 35-46
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/274/203
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|