Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
|
|
Creator |
Sulistyaningsih, Ninik
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan benda hidup dan benda tak hidup melalui media gambar pada siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Desain Penelitian yang digunakan merujuk pada Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan benda hidup dan benda tak hidup melalui media gambar pada siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SDN 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Kenaikan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.50 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 79.00, terjadi kenaikan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 8.50.. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 60.00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 90,00%. Hal itu berarti bahwa terjadi kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 30.00%. Berdsarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup pada Siswa Kelas I Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Untuk itu disarankan agar menggunakan media belajar sesuai materi pelajaran.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/273
10.28926/jpip.v2i1.273 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 29-34
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/273/202
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|