Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo
 
Creator Sulistyaningsih, Ninik
 
Description Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan benda hidup dan benda tak hidup melalui media gambar pada siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.  Desain Penelitian yang digunakan merujuk pada Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan benda hidup dan benda tak hidup melalui media gambar pada siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SDN 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Kenaikan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II.  Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.50 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 79.00, terjadi kenaikan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 8.50.. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar  60.00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 90,00%. Hal itu berarti bahwa terjadi kenaikan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 30.00%. Berdsarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup pada Siswa Kelas I Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD  Negeri 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Untuk itu disarankan agar menggunakan media belajar sesuai materi pelajaran.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/273
10.28926/jpip.v2i1.273
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 29-34
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/273/202
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan