Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Membaca Al-Quran dengan Tartil melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 4 Trenggalek
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Membaca Al-Quran dengan Tartil melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 4 Trenggalek
|
|
Creator |
Khotimah, Husnul
|
|
Description |
Abstrak: T Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua putaran (siklus) merujuk pada metode yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX A semester 2 SMP NegeriĀ 4 Trenggalek Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif lembar kegiatan belajar mengajar. Pada pelaksanaan pembelajaran sebelum diadakan penelitian, nilai rata-rata siswa sebesar 68.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36.00%. Pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 64.00% jauh lebih baik dari hasil pada sebelum siklus dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 5.00 dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 28.00%. Peningkatan prestasi belajar siswa terus berkembang hingga pada akhir siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 78.76 dengan prosentase ketuntasan sebesar 96.00%. Apabila dibandingkan prestasi pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 4.84 dan ketuntasan sebesar 32.00%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/272
10.28926/jpip.v2i1.272 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 21-28
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/272/200
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|