Record Details

Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Membaca Al-Quran dengan Tartil melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 4 Trenggalek

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Membaca Al-Quran dengan Tartil melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 4 Trenggalek
 
Creator Khotimah, Husnul
 
Description Abstrak: T Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua putaran (siklus) merujuk pada metode yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX A semester 2 SMP NegeriĀ  4 Trenggalek Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif lembar kegiatan belajar mengajar. Pada pelaksanaan pembelajaran sebelum diadakan penelitian, nilai rata-rata siswa sebesar 68.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36.00%. Pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 64.00% jauh lebih baik dari hasil pada sebelum siklus dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 5.00 dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 28.00%. Peningkatan prestasi belajar siswa terus berkembang hingga pada akhir siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 78.76 dengan prosentase ketuntasan sebesar 96.00%. Apabila dibandingkan prestasi pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 4.84 dan ketuntasan sebesar 32.00%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-02-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/272
10.28926/jpip.v2i1.272
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 21-28
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/272/200
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan