Penerapan Metode Think Pair Share dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Peran Serta dalam Usaha Pembelaan Negara pada Siswa Kelas IX-D Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Think Pair Share dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Peran Serta dalam Usaha Pembelaan Negara pada Siswa Kelas IX-D Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Mujiati, Anik
|
|
Description |
Tersedia online di https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip Sejarah artikel Diterima pada : 01-02-2022 Disetujui pada : 05-02-2022 Dipublikasikan pada : 10-02-2022 Kata kunci: Prestasi Belajar, Peran Serta Usaha Pembelaan Negara, Think Pair Share DOI: : https://doi.org/10.28926/jpip.v1i1.20 Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-Dpada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 36 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 25 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-D. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observerproses pembelajaran Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Think Pair Share untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara siswa Kelas IX-D SMP Negeri 2 Campur darat Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 58,3%dan pada siklus II91,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara melalui Metode Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas IX-D SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Think Pair Sharedalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan Negara agar Prestasi belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/269
10.28926/jpip.v2i1.269 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022; 1-11
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/269/196
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|