Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung
|
|
Creator |
Kolipah, Siti
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelasVpada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraandiperoleh hasil bahwa prestasi belajarsiswa kurang memuaskan,yaitu dari 18 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau≥ 70, sedangkan 12 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karenaguru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentangKebebasan berorganisasi tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan,guru tidak menggunakan metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa dalam menyelesaikan soal tentang kebebasan berorganisasiserta tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peniliti) sebagai observerproses pembelajaran Kebebasan berorganisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Kebebasan berorganisasi siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Kabupaten Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 61,1% dan pada siklus II94,4%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Kebebasan berorganisasi melalui Metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang memuat kebebasan berorganisasi kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-11-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/199
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 328-338
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/199/132
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|