Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Pada Mapel Bahasa Indonesia Materi Teks Cerpen Melalui Pendekatan Sientific Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumber

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Pada Mapel Bahasa Indonesia Materi Teks Cerpen Melalui Pendekatan Sientific Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumber
 
Creator Asim, Asim
 
Description Hasil penelitian yang telah di jelaskan dengan Pendekatan penelitian Scientific pada materi teks cerpen serta dengan latar belakang yang telah di jelaskan pada penelitian ini, maka peneliti  membuat  suatu judul yaitu:  “Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerpen Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IX A  SMP Negeri 1 Sumber Tahun Pelajaran 2019/2020” dapat kondusif dan berjalan dengan lancar. Hasil penelitian menunjukan selalu ada peningkatan pada tiap siklusnya. Pada tahap awal pra siklus jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 5 siswa, dengan rata-rata nilai 69, dengan persentase ketuntasan sebesar 36%. Kemudian pada Siklus I dengan ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa, rata-rata nilai yang dicapai 74, dan persentase ketuntasan sebesar 71%., dan Pada siklus II ini, dengan perolehan hasil belajar siswa kelas IX A yang berjumlah 14 siswa tuntas belajar semua, Nilai rata-rata sebesar 83, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dalam jangka waktu kurang lebih 2 bulan, dengan konsep 4 kali pertemuan maka pendekatan scientific berdampak positif bagi proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi teks cerpen. Pendekatan seperti ini sangat cocok sekali di terapkan pada siswa. Dengan pendekatan scientific siswa dapat lebih mudah memahami dan mempraktekkan materi teks cerpen yang baik.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/198
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 319-327
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/198/131
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan