Record Details

Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Ketrampilan Menyusun Teks Deskriptif Melalui Media Video di Kelas VII-G SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Ketrampilan Menyusun Teks Deskriptif Melalui Media Video di Kelas VII-G SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Romelah, Romelah
 
Description Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-G pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesiadiperoleh hasil bahwa Prestasi Belajarsiswa kurang memuaskan,yaitu dari 31 siswa hanya 8 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau≥ 70, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karenaguru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentangTeks Deskriptif tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan,guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi Belajarsiswa dalam menyelesaikan soal tentang Teks Deskriptif serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Metode Media Video. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-G. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Teks Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Metode Media Video untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Teks Deskriptif siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 67,7% dan pada siklus II93,5%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Teks Deskriptif melalui Pendekatan Metode Media Video dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa dalam menyelesaikan soal Teks Deskriptif Kelas VII-G SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Metode Media Video dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Deskriptif agar Prestasi Belajar siswa meningkat
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/197
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 312-318
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/197/130
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan