Record Details

Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Siswa Kelas VII-M SMP Negeri 1 Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2018/2019

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Siswa Kelas VII-M SMP Negeri 1 Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2018/2019
 
Creator Marganingsih, Marganingsih
 
Description Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan sumber data siswa kelas VII-M SMP Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018-2019 pada mata pelajaran IPS dengan jumlah siswa 36 orang. Desain penelitian menggunakan Model pembelajaran kooperatif berpandangan bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka saling mendiskusikan konsep-konsep tersebut dengan teman sebayanya (Slavin, 2008). Berdasarkan temuan dalam refleksi-evaluasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dapat disimpulkan bahwa; (1) melalui prosedur dan langkah-langkah yang sesuai, penggunaan strategi tgt dapat meningkatkan aktivias belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (2) Penerapan strategi tgt dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada aspek aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yaitu: (a) perhatian; (b) menyampaikan pertanyaan; (c) menjawab pertanyaan; (d) memberikan tanggapan. (3) Persepsi siswa terhadap penggunanaan strategi setiap siswa bisa jadi guru yang diterapkan dalam penelitian ini sangat positif, siswa sangat senang dan sangat berminat jika strategi ini digunakan pada materi dan mata pelajaran selain IPS.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/196
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 304-311
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/196/129
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan