Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Guru Bidang Studi SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung Semester l Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Guru Bidang Studi SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung Semester l Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Purnawirawan, Hery
|
|
Description |
Supervisi Kepala Sekolah Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia dalam penetapan KKM dilatar belakangi oleh masih terdapat guru yang dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) tidak berdasarkan analisis dan tidak memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Guru Bidang Studi SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung. (2) Mengetahui kinerja guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal pada Guru Bidang Studi SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung. (3) Menjabarkan respon Guru Bidang Studi SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung terhadap kegiatan Supervisi Kepala Sekolah dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal. Dalam Menetapkan KKM melalui Supervisi Kepala Sekolah dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Supervisi Kepala Sekolah guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan Supervisi Kepala Sekolah dua kali terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat KKM. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Pembuatan KKM pada siklus 1 yang mendapat kategori cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Supervisi Kepala Sekolah pembuatan KKM yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Bidang SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung agar mengoptimalkan perannya sebagai pendidik yang profesional dengan mengembangkan pembuatan KKM agar profesi keguruan dapat berkembang.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/195
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 296-303
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/195/128
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|