Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn, Materi Pemerintahan Kabupaten dan Kota di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Ambulu I
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn, Materi Pemerintahan Kabupaten dan Kota di Indonesia Melalui Model Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Ambulu I
|
|
Creator |
Suwarno, Suwarno
|
|
Description |
Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik, kreatif, bertanggung jawab, cerdas, kritis, dan partisipatif. Hasil refleksi awal dengan kolaborator menunjukkan beberapa permasalahan, yaitu guru belum menerapkan model yang inovatif dan media pembelajaran, sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, selain itu nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 44,74% dengan KKM 70. Rumusan masalah yang diperoleh adalah Apakah melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ambulu I? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Ambulu I melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, dengan tahapan masing- masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ambulu I Kecamatan Sumberasih. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 28 dalam kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 26 dalam kategori baik dan siklus III skor menjadi 29 dalam kategori sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 21.67 dalam kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 24,85 dalam kategori baik, dan siklus III menjadi 30,16. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikalnya 30%, meningkat menjadi 65% pada siklus II, dan menjadi 97% pada siklus III. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut yakni pembelajaran melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV SDN Ambulu I Kecamatan Sumberasih .Saran yang dapat peneliti sampaikan ialah model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, oleh karena itu model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/194
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 284-295
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/194/127
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|