Upaya Meningkatkan Kemampuan Pola Gerak Dasar Lompat Jauh dengan Penggunaan Alat Bantu
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pola Gerak Dasar Lompat Jauh dengan Penggunaan Alat Bantu
|
|
Creator |
Santoso, Joko
|
|
Description |
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Apakah penggunaan alat bantu berpengaruh terhadap kemampuan pola gerak dasar lompat jauh ? b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran penggunaan alat bantu terhadap kemampuan lompat jauh.?Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap Pengaruh penggunaan alat bantu terhadap kemampuan pola gerak dasar lompat jauh (b) Untuk mengungkap kemampuan pola gerak dasar lompat jauh Setelah diterapkan penggunaan alat bantu pada siswa pada siswa kelas V SD Negeri I Setail Kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi semester I tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Pada siswa kelas V SD Negeri I Setail Kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi semester I tahun pelajaran 2018/2019.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar kemampuan pola gerak dasar lompat jauh siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70,00%), siklus II (85.00%), siklus III (95,00%.).Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran penggunaan alat bantu dapat berpengaruh positif pada kemampuan pola gerak dasar lompat jauh bagi siswa kelas V SD Negeri I Setail Kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi semester I tahun pelajaran 2018/2019,serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tentang kemampuan pola gerak dasar lompat jauh.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/193
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 277-283
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/193/126
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|