Record Details

Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Bersikap dan Berperilaku Jujur melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Korwil Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Bersikap dan Berperilaku Jujur melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Korwil Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang
 
Creator Zuhri, Saifuddin
 
Description Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan prestasi belajar PAI materi bersikap dan berperilaku jujur pada siswa kelas V SD Negeri  2 Kesamben Korwil  Kecmatan Ngajum Kabupaten Malang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui metode team games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 24  siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Meningkatkan keaktifan belajar PAI dan BP materi bersikap dan berperilaku jujur melalui penerapan metode TeamsGames Tournament (TGT) siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Ngajum  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Meningkatkan prestasi belajar PAI dan BP materi bersikap dan berperilaku jujur melalui penerapan metode TeamsGames Tournament (TGT) siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Ngajum  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Manfaat secara teoritis dari kegiatan penelitian ini adalah “dapat mengembangkan ilmu pendidikan tentang penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT), dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, pada pembelajaran PAI dan BP mengenai bersikap dan berperilaku jujur di Sekolah Dasar.” Tipe pembelajaran ini dapat dijadikan perbandingan dan pertimbangan bagi guru-guru lainnya yang akan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) pada tingkatan kelas dan mata pelajaran yang lainnya. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada hasil pengamatan keaktifan belajar siswa dari 25,00% (6 siswa) pada kondisi awal, meningkat menjadi 5 siswa (62,50%) pada siklus pertama dan  pada akhir pelaksanaan pembelajaran siklus II meningkat menjadi 24  siswa atau 100% dan peningkatan  perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 55,00 dari studi awal sebesar 66,25  dan pada akhir siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 77,50 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 3  siswa (12,50) menjadi 15 siswa (62,50%) dan 24  siswa (100%) pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team games tournament (TGT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kesaben korwil Kecmatan Ngajum  Kabupaten Malang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/192
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 271-276
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/192/125
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan