Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Bersikap dan Berperilaku Jujur melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Korwil Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI dan BP Materi Bersikap dan Berperilaku Jujur melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Korwil Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang
|
|
Creator |
Zuhri, Saifuddin
|
|
Description |
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan prestasi belajar PAI materi bersikap dan berperilaku jujur pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kesamben Korwil Kecmatan Ngajum Kabupaten Malang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui metode team games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Meningkatkan keaktifan belajar PAI dan BP materi bersikap dan berperilaku jujur melalui penerapan metode TeamsGames Tournament (TGT) siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Ngajum Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Meningkatkan prestasi belajar PAI dan BP materi bersikap dan berperilaku jujur melalui penerapan metode TeamsGames Tournament (TGT) siswa Kelas V SD Negeri 2 Kesamben Ngajum Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Manfaat secara teoritis dari kegiatan penelitian ini adalah “dapat mengembangkan ilmu pendidikan tentang penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT), dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, pada pembelajaran PAI dan BP mengenai bersikap dan berperilaku jujur di Sekolah Dasar.” Tipe pembelajaran ini dapat dijadikan perbandingan dan pertimbangan bagi guru-guru lainnya yang akan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) pada tingkatan kelas dan mata pelajaran yang lainnya. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada hasil pengamatan keaktifan belajar siswa dari 25,00% (6 siswa) pada kondisi awal, meningkat menjadi 5 siswa (62,50%) pada siklus pertama dan pada akhir pelaksanaan pembelajaran siklus II meningkat menjadi 24 siswa atau 100% dan peningkatan perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 55,00 dari studi awal sebesar 66,25 dan pada akhir siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 77,50 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 3 siswa (12,50) menjadi 15 siswa (62,50%) dan 24 siswa (100%) pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team games tournament (TGT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kesaben korwil Kecmatan Ngajum Kabupaten Malang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/192
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021; 271-276
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/192/125
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|