Record Details

Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Purnawirawan, Hery
 
Description Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar.(2) Meningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. Dalam menyusun, mengembangkan Laporan PTK melalui Seminar ilmiah  dengan menggunakan  penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Seminar guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan Seminar dua kali pada tanggal 25 September dan 2 Oktober 2019 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Laporan PTK. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Pembuatan Laporan PTK pada siklus 1 yang mendapat kategori  cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai  baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Seminar pembuatan Laporan PTK yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/141
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 173-190
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/141/84
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan