Record Details

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Materi Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Phink Pair Share) Pada Siswa Kelas IX

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Materi Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Phink Pair Share) Pada Siswa Kelas IX
 
Creator Widodo, Sugeng Wiyono
 
Description Metode yang di gunakan dalam pembelajaran adalah Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) akan di terapkan di kelas IX A SMP Negeri 3 Wonomerto  karena rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi dinamika perwujudan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Penerapan metode ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi dinamika perwujudan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa    pada siswa kelas IX A    SMP Negeri 3 Wonomerto . Hasil  penelitian  yang  dilakukan  di  SMP Negeri 3 Wonomerto ini adalah pada pra siklus terdapat 10 siswa yang tuntas belajar, yang tidak tunas sebanyak 15 anak dengan persentase ketuntasan sebesar 40%, kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 19 siswa yang tuntas belajar, yang tidak tuntas belajar sebanyak 6 anak  dengan persentase ketuntasan sebesar 76%, dan pada siklus 2 siswa yang berjumlah 25 siswa dikelas IX A tuntas belajar semua, dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Maka dalam proses dan jangka waktu yang tidak pendek, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) tersebut berdampak positif bagi siswa yaitu metode tersebut bisa meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika perwujudan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa   pada siswa kelas IX A    SMP Negeri 3 Wonomerto.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/138
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 131-144
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/138/81
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan