Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Materi Keutuhan NKRI melalui Metode Value Clarification Technique (VCT) pada Siswa Kelas V SDN Batur I Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Materi Keutuhan NKRI melalui Metode Value Clarification Technique (VCT) pada Siswa Kelas V SDN Batur I Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo
 
Creator Hartono, Hartono
 
Description Tujuan yang akan dicapai peneliti dalam kegiatan perbaikan pembelajaran yang juga merupakan pengalaman peneliti sebagai guru di SD adalah sebagai berikut : (1) Mendeskripsikan cara menerapkan metode VCT dalam pembelajaran PKn terutama materi Keutuhan NKRI, (2) Menganalisis pengaruh penerapan metode VCT pada materi Keutuhan NKRI dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Setelah peneliti melaksanakan proses perbaikan pembelajaran PKn melalui perbaikan pembelajaran siklus I dan perbaikan pembelajaran siklus II dengan materi Keutuhan NKRI di kelas V SDN Batur I Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo dapat disimpulkan seperti berikut : (a) Penggunaan metode Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajarinya, (b) Penggunaan media pelajaran yang efektif dapat mendorong motivasi belajar siswa untuk belajar sehingga meningkatkan penguasaan materi yang dipelajari, (c) Metode Value Clarification Technique (VCT) mampu melibatkan semua siswa dalam pembelajaran, sehingga ilmu yang didapat tidak cepat hilang, (d) Keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Terbukti pada hasil tes pra siklus rata – rata hanya 65,50; Siklus I 71,10 dan Siklus II 85. 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/135
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 110-117
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/135/79
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan