Record Details

Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Memaknai Peraturan Perundang– Undangan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Memaknai Peraturan Perundang– Undangan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator kusumo, dendi
 
Description Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) merupakan pembelajaran kelompok dimana siswa diberi kesempatan untuk berfikir mandiri dan saling membantu dengan teman yang lain. Pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural. Pendekatan ini memberi penekanan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) akan di terapkan di kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap karena rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi Memaknai Peraturan Perundang - Undangan. Penerapan metode ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Materi Memaknai Peraturan Perundang–Undangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap. Hasil  penelitian  yang  dilakukan  di  SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap ini adalah pada pra siklus terdapat 12 siswa yang tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan sebesar 44%, kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 19 siswa yang tuntas belajar, dengan persentase ketuntasan sebesar 70%, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa diatas KKM semua dari jumlah 27 siswa yang ada di kelas VIII, dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Maka dalam proses dan jangka waktu yang tidak pendek, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) tersebut berdampak positif bagi siswa yaitu metode tersebut bisa meningkatkan hasil belajar Pada materi Memaknai Peraturan Perundang - Undangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap. 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/133
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 87-98
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/133/77
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan