Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mapel Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mapel Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
khuzairi, khuzairi
|
|
Description |
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kuripan kelas VIII B . Diperoleh data bahwa sebagian besar siswa hanya bergantung pada buku paket dari sekolah dan tidak mempelajari materi pelajaran baik sebelum maupun setelah pelajaran. Alhasil, siswa kurang berhasil dalam mempelajari materi teks iklan. Oleh karena itu, tantangan bagi seorang guru untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan selama proses pembelajaran salah satu model pembelajaran yang banyak digunakan adalah model Pembelajaran Picture and picture. Hasil dari penelitian ini adalah Pada Pra siklus data hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata nilai sebesar 70, dan tuntas belajar hanya 11 siswa, dengan persentase ketuntasan sebesar 41% siswa. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pembelajaran pada siklus 1, dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mempelajari materi teks iklan. Setelah Pada siklus 1 siswa mencapai rata-rata nilai sebesar 76, siswa yang tuntas belajar mencapai 21 anak, dengan persentase ketuntasan sebesar 78%. Pada siklus 1, peneliti juga mengisi lembar observasi untuk mengamati aktifitas siswa selama pembelajaran. Hasil pengamatan pada siklus 1 menunjukan bahwa siswa masih kurang aktif dalam mengikuti penbelajaran. Di lanjutkan pada siklus 2. Peneliti kembali melakukan analisis data dari pembelajaran yang di lakukan, pada siklus 2 ini hasil belajar siswa meningkat yaitu rata-rata nilai sebesar 81, dan jumlah siswa sebanyak 27 anak yang ada pada kelas VIII B tuntas belajar semua, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Sedangkan dari hasil pengamatan pada siklus 2, terjadi peningkatan kondusifitas pembelajaran. Siswa sudah mulai menguasai proses KBM sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif. Dari hasil akhir tersebut maka ketuntasan belajar yang dicapai secara klasikal siswa sebesar 100% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar pada akhir siklus mencapai 27 siswa.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/132
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 76-86
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/132/76
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|