Record Details

Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 9 Tentang Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Melalui Model Problem Based Instruction Berbatuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 9 Tentang Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Melalui Model Problem Based Instruction Berbatuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V
 
Creator sudjono, sudjono
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik nontes terdiri atas observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 81 (Guru kreatif), siklus II memperoleh skor 88 (Guru Sangat Kreatif), dan siklus III memperoleh skor 96 (Guru sangat kreatif); (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 80 (cukup aktif), siklus II memperoleh skor  87 (sangat aktif), dan siklus III memperoleh skor 97 (sangat  aktif), (3) persentase ketuntasan  klasikal  pada siklus I sebesar 46,15%, siklus II meningkat menjadi 76,92%, dan siklus III meningkat lagi menjadi 100%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/130
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 56-66
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/130/75
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan