Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 8 Tentang Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab Warga Negara melalui Pembelajaran Model Think-Pair-Share (TPS) Berbasis CD Pembelajaran pada Siswa Kelas VI
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 8 Tentang Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab Warga Negara melalui Pembelajaran Model Think-Pair-Share (TPS) Berbasis CD Pembelajaran pada Siswa Kelas VI
|
|
Creator |
sugianto, sugianto
|
|
Description |
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus empat pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Kelas V SD Negeri Kedawung II Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan kesatu dan dua sampai dengan siklus dua pertemuan kedua nilai rata –rata prestasi hasil belajar siswa yaitu 65.22, 72,17, dan 80,07 sedangkan prosentase peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut; 56,52%, 78,26%, dan 95,65%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/129
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 47-55
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/129/74
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|