Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 6 Tentang Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Warga melalui Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Multimedia
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 6 Tentang Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Warga melalui Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Multimedia
|
|
Creator |
Tabah, Tabah
|
|
Description |
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Direct Instruction berbasis Multimedia yang terdiri dari tiga siklus. Suyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Maron Kulon I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) keterampilan guru pada siklus I skor 84 dengan kategori guru kreatif meningkat pada siklus II rata-rata skor 88 dengan kategori guru sangat kretif, kemudian pada siklus III meningkat dengan skor 96 kategori guru sangat kreatif. (2) aktivitas siswa pada siklus I skor rata-rata skor 80 kategori siswa aktif di siklus II dengan rata-rata skor 85 kategori siswa aktif siklus III rata-rata skor siswa 95 kategori siswa sangat aktif.(3) hasil belajar siswa dari kondisi prasikus dengan presentase ketuntasan belajar 28,57% menjadi 50,00% pada siklus I dan 71,43% pada siklus II dan di siklus III ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 100%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/51
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 37-46
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/51/42
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|