Record Details

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 6 Tentang Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Warga melalui Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Multimedia

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 6 Tentang Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Warga melalui Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Multimedia
 
Creator Tabah, Tabah
 
Description Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas melalui model Direct Instruction berbasis Multimedia yang terdiri dari tiga siklus.  Suyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V                    SDN Maron Kulon I Kecamatan Maron  Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif kuantitatif dan  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) keterampilan guru pada siklus I skor 84 dengan kategori guru kreatif meningkat pada siklus II rata-rata skor 88 dengan kategori guru sangat kretif, kemudian pada siklus III meningkat dengan skor 96 kategori guru sangat kreatif. (2) aktivitas siswa pada siklus I skor  rata-rata skor 80  kategori siswa aktif di siklus II dengan rata-rata skor 85  kategori siswa aktif siklus III rata-rata skor siswa 95  kategori siswa sangat aktif.(3) hasil belajar siswa dari kondisi prasikus  dengan presentase ketuntasan belajar 28,57% menjadi 50,00% pada siklus I dan 71,43% pada siklus II dan di siklus III ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 100%.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/51
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 37-46
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/51/42
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan