Record Details

Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Tema 7 Tentang Penyebab Penjajahan Bangsa Indonesia melalui Time Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Tema 7 Tentang Penyebab Penjajahan Bangsa Indonesia melalui Time Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V
 
Creator Wahyuningsih, Yus
 
Description Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reaserch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Wringinanom III Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen  berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan  instrument terlebih dahulu divalidasi secara  expert judgement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar IPS yakni 85% dari jumlah siswa  yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75  dan meningkatnya kualitas proses (partisipasi/keterlibatan siswa dan aktifitas guru) dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebelum dilakukannya tindakan  3 siswa mencapai ketuntasan (23,08%) dan 10 siswa belum mencapai ketuntasan (76,92%). Setelah  dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 6 siswa (46,15%) dan belum tuntas 7 siswa (53,85%). Setelah tindakan siklus II, siswa tuntas belajar 10 siswa (76,92%) dan belum tuntas 3 siswa (23,08%). Siklus III siswa yang mencapai ketuntasan 13 siswa (100%) dan belum tuntas 0 siswa (0%). Rata-rata prestasi belajar siswa sebelum tindakan 53,58, setelah siklus I meningkat menjadi 60,00, setelah siklus II meningkat menjadi 72,31.  Pada siklus III meningkat menjadi 81,54. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Wringinanom III Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Saran bagi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan penelitian ini juga dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran lainnya. 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/49
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 18-27
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/49/40
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan