Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Tema 6 Tentang Operasi Hitung Bilangan Cacah melalui Pendekatan Teori Belajar Jerome S Bruner pada Siswa Kelas I
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Tema 6 Tentang Operasi Hitung Bilangan Cacah melalui Pendekatan Teori Belajar Jerome S Bruner pada Siswa Kelas I
|
|
Creator |
Suwartini, Suwartini
|
|
Description |
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas I SD Negeri Jatisari III Kecamatan Kuripan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dan performansi guru. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (nilai ≥75) mencapai 85%, nilai aktivitas siswa 85% dan nilai performansi guru minimal 75 (B). Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor keterampilan guru adalah 81 dengan kategori Kreatif, pada siklus II rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 88 dengan kategori sangat, pada siklus III rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 96 dengan kategori guru sangat kreatif , pada siklus dua pertemuan kedua rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat 2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh total skor 80 dengan kategori siswa aktif, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 87 dengan kategori siswa sangat aktif, pada siklus III perolehan skor meningkat menjadi 93 dengan kategori siswa sangat Aktif, 3) Ketuntasan hasil belajar siswa Pada siklus I - III nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 61,05, 71,58, dan 81,05 sedangkan prosentase ketuntasan klasikal yaitu 43,73%, 73,68%, dan 100%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung campuran bilangan cacah dengan menggunakan Pendekatan Teori Belajar Jerome S Bruner. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-08-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/48
|
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 10-17
2807-7466 2807-6745 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/48/39
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
|
|