Record Details

Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Dengan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV

Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Melalui Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Dengan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV
 
Creator Wijaya, Arif
 
Description Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PPKn kelas Wringinanom  III Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 16 siswa, yaitu 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes.  Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 82 (guru kreatif), siklus II diperoleh skor 88 (guru kreatif), siklus III skor 94 (guru kreatif). Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I adalah 81 (siswa aktif), siklus II 86 (siswa sangat aktif), siklus III skor 93 (siswa sangat aktif). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus  I sebesar 60,00 ketuntasan klasikal 43,75%, siklus II sebesar 72,50 ketuntasan klasikal 75,00%, siklus III sebesar 82,50 ketuntasan klasikal 100%.          Simpulan melalui model Auditory Intellectually Repetition dengan media Powerpoint mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn pada siswa kelas Wringinanom  III Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Saran hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/47
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021; 1-9
2807-7466
2807-6745
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/47/38
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan