Peningkatan Mutu RPP Tematik Guru-Guru Kelas 1, 2, 4 Dan 5 KKG MI Kabupaten Bangka Selatan melalui Supervisi
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Mutu RPP Tematik Guru-Guru Kelas 1, 2, 4 Dan 5 KKG MI Kabupaten Bangka Selatan melalui Supervisi
|
|
Creator |
Robinson, Robinson
|
|
Description |
: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan mutu RPP tematik guru-guru kelas 1, 2, 4 dan 5. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kepengawasan (PTKp). Penelitian tindakan kepengawasan ini (PTKp) termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan Analisis Diskriptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I teknik penataran tingkat lokal atau workshop dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi (wawancara). Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 sebanyak 3 orang, guru kelas 2 sebanyak 3 orang, guru kelas 4 sebanyak 3 orang dan guru kelas 5 sebanyak 3 orang dari MIN 1 Bangka Selatan, MI Darul Hikmah Pulau Besar dan MI Sinar Islam Toboali. Penelitian dilaksanakan pada September 2019 sampai dengan Oktober 2019 (2 bulan) dengan tujuan RPP tematik yang dibuat dapat digunakan dalamtahun pelajaran 2020/2021 karena lebih berkualitas dibanding RPP tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik secara kelompok (workshop) dalam siklus I dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu)) dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan.Supervisi akademik secara kelompok (workshop). Hasil penelitian siklus I RPP tematik yang dibuat oleh guru-guru kelas 1, 2, 4, dan 5 MI masih belum maksimal maka perlu diadakan supervisi lagi pada siklus II yaitu pelaksanaan tindakan supervisi secara individual (percakapan individu). Hasil rata-rata kualitas RPP tematik pada kondisi awal 57,25 (kategori kurang ) Hasil rata-rata kualitas RPP tematik pada siklus I 73,34 (kategori baik ). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal 21,94%. Sedangkan hasil rata-rata mutu RPP tematik pada siklus II 84,42 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I 13,12%. Berdasarkan rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan mutu RPP tematik guru-guru guru kelas 1, kelas 2, kelas 4 dan kelas 5 KKG MI Kabupaten Bangka Selatan tahun pelajaran 2019/2020 dengan peningkatan 21,94% pada siklus I dan 13,12% pada siklus II
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/267
10.28926/jprp.v2i1.267 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 106-115
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/267/201
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|