Record Details

Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatan Hasil Belajar Materi Globalisasi

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatan Hasil Belajar Materi Globalisasi
 
Creator Nuridah, Nuridah
 
Description Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan problem based learning (PBL) pada pembelajaran pkn. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi globalisasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan datahasil penelitian, dan pembahasan tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning terdiri dari 6 tahap. Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning dilaksanakan dengan tiga  siklus, dimana siklus I belum berhasil, hal ini disebabkan karena langkah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning belum terlaksana dengan baik, antara lain : a) waktu guru menyampaikan materi pembelajaran belum sesuai dengan indikator, b) saat siswa diskusi kelompok belum terjalinnya kerja sama yang baik diantara anggota kelompok, c) saat siswa mempresentasikan kerja kelompok, tidak ada kelompok lain yang menanggapi karena siswa kurang berani dan takut salah.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/265
10.28926/jprp.v2i1.265
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 94-105
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/265/198
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)