Record Details

Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV
 
Creator Widiyati, Catur Neny
 
Description Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  setelah mengunakan media alat musik tradisional melalui model pembelajaran CTL (Contextual teaching Learning)  pada mata pelajaran  IPA pada materi sifat – sifat bunyi. Penelitian ini dilakukan dengan metode CTL (Contextual teaching Learning) yang dilakukan di kelas IV SDN Selogudig Wetan IV dengan jumlah siswa sebanyak 29. Tindakan yang mengunakan media  alat musik tradisional melalui model pembelajaran CTL (Contextual teaching Learning)  pada mata pelajaran  IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 68,67 kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 78,33 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 86,67 dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat – sifat bunyi  melalui metode pengamatan pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Selogudig Wetan IV Kecamatan Pajarakan.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/264
10.28926/jprp.v2i1.264
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 84-93
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/264/197
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)