Record Details

Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademis Kepala Sekolah di SDN 4 Bedali Tahun Pelajaran 2016-2017

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademis Kepala Sekolah di SDN 4 Bedali Tahun Pelajaran 2016-2017
 
Creator Kurniawan, Edi
 
Description Kelayakan mengajar tidak cukup hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dan sesi penguasaan materi, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta evaluasi pembelajaran. Kemampuan guru SD dalam menguasai bahan pelajaran pada umumnya sangat menghawatirkan karena dari sampel guru SD yang diminta menunjukkan kemampuan menguasai bahan pelajaran 70% yang kurang menguasai bahan pelajaran, sedangkan hanya 30% yang menguasai bahan pelajaran. Kondisi seperti itu diperparah dengan kurang optimalnya fungsi kepengawasan Kepala Sekolah. Bila selama ini banyak pendapat menyatakan profesionalisme guru di Indonesia relatif rendah atau kurang memadai, hal itu merupakan akibat dari kurangnya kepengawasan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal. Dari 62,22  % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 71,11  %  pada siklus II, dan siklus ke III  78,33  %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi akademis kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja  guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar dengan ketuntasan mencapai 100 %.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/263
10.28926/jprp.v2i1.263
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 75-83
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/263/195
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)