Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya tentang Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara Pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya tentang Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara Pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
astuti, wiwin dwi
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-A pada waktu pembelajaran Seni Budaya diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 31 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 76, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Discovery. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Discovery untuk meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (b) Apakah penerapan Metode Discovery dapat meningkatkan pemahaman Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung pada Mata Pelajaran Seni Budaya materi dan teknik-teknik gerakan Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara?(c) Apakah penerapan Metode Discovery dapat meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya materi dan teknik-teknik gerakan Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 65,5% dan pada siklus II 93,1%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara melalui Discovery dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara. Oleh karena itu guru menggunakan Discovery dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi Apresiasi karya seni rupa murni mancanegara agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/262
10.28926/jprp.v2i1.262 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 64-74
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/262/194
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|