Penerapan Metode Student Facilitator and Explaination dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Sistem Persamaan linear dua variabel Pada Siswa Kelas VIII-A Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Student Facilitator and Explaination dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Sistem Persamaan linear dua variabel Pada Siswa Kelas VIII-A Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Supini, Supini
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII-A pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 19 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Sistem Persamaan linear dua variabel tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Sistem Persamaan linear dua variabel serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Student Facilitator and Explaination. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Student Facilitator and Explaination untuk meningkatkan hasil belajar Matematika yang memuat Sistem Persamaan linear dua variabel pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tulungagung? (b) Apakah penerapan Metode Student Facilitator and Explaination dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada Matematika yang memuat Sistem Persamaan linear dua variabel Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tulungagung? (c) Apakah penerapan Metode Student Facilitator and Explaination dapat meningkatkan hasil belajar Matematika yang memuat Sistem Persamaan linear dua variabel pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Sistem Persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Student Facilitator and Explaination untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan linear dua variabel siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Sistem Persamaan linear dua variabel melalui Metode Student Facilitator and Explaination dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Sistem Persamaan linear dua variabel. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Student Facilitator and Explaination dalam pembelajaran Matematika pada materi Sistem Persamaan linear dua variabel agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/261
10.28926/jprp.v2i1.261 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 54-63
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/261/193
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|