Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Kolipah, Siti
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas V pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 14 siswa hanya 5 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 9 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Drama tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Drama serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Drill. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Drill untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang memuat drama pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? (b) Apakah penerapan Metode Drill dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada Bahasa Indonesia yang memuat drama Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? (c) Apakah penerapan Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang memuat drama pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Drill untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Drama siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 57,1% dan pada siklus II 85,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Drama melalui Metode Drill dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Drama. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Drama agar Hasil belajar siswa meningkat |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/260
10.28926/jprp.v2i1.260 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 44-53
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/260/192
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|