Supervisi Observasi Guru Kelas dalam Pengembangan Pembelajaran Efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Supervisi Observasi Guru Kelas dalam Pengembangan Pembelajaran Efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Nyamat, Nyamat
|
|
Description |
Berbagai permasalahan yang dihadapi guru di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai agen pembelajaran seperti siswa yang tidak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, serta permasalahan lain yang muncul dari pribadi guru seperti kurang optimalnya guru dalam memberi penguatan, ketrampilan bertanya, variasi metode dan teknik pembelajaran. Oleh karena itu Pengawas mengadakan supervisi observasi kelas terhadap Guru, tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika ? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan pembelajaran efektif Matematika dalam mengajar setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh Pengawas di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban. (2) Meningkatan motivasi guru di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Supervisi observasi kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X-2 dan XI-3 SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan ketuntasan guru dalam memberikan pembelajaran dengan metode Supervisi observasi kelas adalah dari pra siklus ke siklus 1 mencapai skor 27 dan dari siklus 1 ke siklus 2 naik dengan skor 8,7. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 16,7% dan 40,0%, siklus II naik 16,7% dan 20,0%. Simpulan dari penelitian ini adalah, Supervisi observasi kelas ini tepat dan dapat menyelesaikan masalah pengembangan pembelajaran efektif Matematika di sekolah khususnya pada Guru di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Tulungagung. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/259
10.28926/jprp.v2i1.259 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 30-43
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/259/191
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|