Record Details

Supervisi Observasi Guru Kelas dalam Pengembangan Pembelajaran Efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Supervisi Observasi Guru Kelas dalam Pengembangan Pembelajaran Efektif Matematika di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Nyamat, Nyamat
 
Description Berbagai permasalahan yang dihadapi guru di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai agen pembelajaran seperti siswa yang tidak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, serta permasalahan lain yang muncul dari pribadi guru seperti kurang optimalnya guru dalam memberi penguatan, ketrampilan bertanya, variasi metode dan teknik pembelajaran. Oleh karena itu Pengawas mengadakan supervisi observasi kelas terhadap Guru, tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika  di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika  di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika ?
Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan pembelajaran efektif Matematika  dalam mengajar  setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh Pengawas di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban. (2) Meningkatan motivasi guru  di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah dilakukan supervisi observasi kelas oleh pengawas dalam pengembangan pembelajaran efektif Matematika
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Supervisi observasi kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X-2 dan XI-3 SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan ketuntasan guru dalam memberikan pembelajaran dengan metode Supervisi observasi kelas adalah dari pra siklus ke siklus 1 mencapai skor 27 dan dari siklus 1 ke siklus 2 naik dengan skor 8,7. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 16,7% dan 40,0%, siklus II  naik 16,7% dan 20,0%.
Simpulan dari penelitian ini adalah, Supervisi observasi kelas ini tepat dan dapat menyelesaikan masalah pengembangan pembelajaran efektif Matematika di sekolah khususnya pada Guru  di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban  Tulungagung.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/259
10.28926/jprp.v2i1.259
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 30-43
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/259/191
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)