Realisasi Keprofesionalan Guru dalam Mengajar Melalui Guru Model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban Tulungagung Semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Realisasi Keprofesionalan Guru dalam Mengajar Melalui Guru Model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban Tulungagung Semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021
|
|
Creator |
Prayitno, Nur Hadi
|
|
Description |
Pembelajaran Guru tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Cooperative Script adalah sederhana yang dapat dipakai untuk mempraktekan suatu keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Mengajar dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran guru model dengan Cooperative Script terhadap motivasi guru untuk lebih profesional mengajar di SD Negeri 2 Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran guru model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban?Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Mengajar setelah melaksanakan program Guru dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban.(2) Meningkatan profesionalisme mengajar Guru dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban.(3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah Guru melaksanakan program Guru dengan menerapkan metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script di SD Negeri 2 Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas masing-masing yang ditentukan oleh masing-masing kelompok di Negeri 2 Pucanglaban Semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Mutu Pembelajaran pada Siklus 1 naik 17% Siklus 2 naik 11,86%, Sedangkan Pembimbingan siklus 1 naik 47%, dan siklus 2 naik 12,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Guru model dengan Cooperative Script dapat berpengaruh positif terhadap Keprofesionalan Guru dalam Mengajar serta dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Guru siswa SD Negeri 2 Pucanglaban, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Guru..
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/258
10.28926/jprp.v2i1.258 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 22-29
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/258/190
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|