Record Details

Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia
 
Creator Mudrikah, Yayuk
 
Description Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas VII-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS materi kondisi alam Indonesia pada peserta didik kelas VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri melalui metode pembelajaran Problem Solving mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar pada siklus I ada 21 peserta didik (65.63%), pada siklus II meningkat menjadi 29 peserta didik (90,63%). Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,75 pada siklus II meningkat menjadi 82,34. Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelasĀ  VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/163
10.28926/jprp.v1i2.163
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 528-547
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/163/103
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)