Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia
|
|
Creator |
Mudrikah, Yayuk
|
|
Description |
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas VII-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS materi kondisi alam Indonesia pada peserta didik kelas VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri melalui metode pembelajaran Problem Solving mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar pada siklus I ada 21 peserta didik (65.63%), pada siklus II meningkat menjadi 29 peserta didik (90,63%). Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,75 pada siklus II meningkat menjadi 82,34. Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelasĀ VII-D UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/163
10.28926/jprp.v1i2.163 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 528-547
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/163/103
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|