Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM)
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM)
|
|
Creator |
Farida, Kholis
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskriksikan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPS materi peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara kesatuan Republik Indonesia. 2) Mendeskriksikan pelaksanaan strategi pembelajaran index card match meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil Penelitian, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,29, Pada siklus II meningkat menjadi 82,29. Ketuntasan belajar pada siklus I baru tercapai 68,57% (24 Siswa), pada siklus II meningkat menjadi 91,43% (32 siswa), tinggal 8,57% (3 siswa) diadakan remidi. Sedangkan aktivitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus I tercapai 77,78% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 92,59% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Demikian halnya aktivitas siswa pada siklus I secara kelompok diperoleh rata-rata 59,12%, dengan kualifikasi cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 90,83%, dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa, melalui strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam materi binatang yang halal dan haram pada Siswa Kelas IX-B MTs Negeri 1 Kabupaten Kediri Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/158
10.28926/jprp.v1i2.158 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 463-477
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/158/99
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|