Record Details

Upaya Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
 
Creator Ismuhartik, Ismuhartik
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika. 2) Mendeskripsikan penerapan metode kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.  Implikasi dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi tekanan pada zat padat, zat cair dan tekanan pada gas. efektif untuk meningkatkan hasil belajar Fisika yang pada tahap awal pembelajaran nilai rata-ratanya 71,26, siklus I nilai rata-ratanya 81,07 dan siklus II nilai rata-ratanya 84. Aktivitas diskusi yang nilainya di atas 75 pada siklus I = 22 siswa, siklus II = 30 siswa, Aktivitas presentasi nilainya diatas 75 siklus I = 10 siswa, siklus II = 20 siswa.  Terjadi kenaikan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII D, bila motivasi belajar mereka dapat dimunculkan. Dan motivasi belajar mereka muncul dan berkembang, jika siswa bersemangat belajar, mereka aktif terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dan metode belajar yang mampu membuat mereka terlibat langsung secara aktif dan kreatif, mereka bisa bersosialisasi dan bertukar pikiran dengan teman sebayanya, mengasah kemampuan tanya jawabnya yaitu bila pembelajaran menggunakan metode kooperatif learning tipe STAD. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar Fisika materi tekanan pada zat padat, zat cair dan tekanan pada gas akan meningkat bila pembelajaran menggunakan metode belajar kelompok kooperatif learning tipe STAD (Student Team Achievement Division).
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/157
10.28926/jprp.v1i2.157
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 447-462
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/157/98
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)