Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprpocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprpocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras
|
|
Creator |
Isti`anah, Hanik
|
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar yang ditandai dengan  peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I 75,03, pada siklus II meningkat menjadi 82,38, ketuntasan belajar siklus I, hanya ada 68,75% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 90,62% (29 siswa). Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa, melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII-C MTs Negeri 1 Kabupaten KediriSemester II Tahun Pelajaran 2018/2019.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/156
10.28926/jprp.v1i2.156 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 431-446
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/156/97
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|