Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprpocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprpocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras
 
Creator Isti`anah, Hanik
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar yang ditandai dengan  peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I 75,03, pada siklus II meningkat menjadi 82,38, ketuntasan belajar siklus I, hanya ada 68,75% (22 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 90,62% (29 siswa). Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa, melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII-C MTs Negeri 1 Kabupaten KediriSemester II Tahun Pelajaran 2018/2019.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/156
10.28926/jprp.v1i2.156
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 431-446
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/156/97
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)