Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Ulangan Harian melalui Supervisi Akademik
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Ulangan Harian melalui Supervisi Akademik
|
|
Creator |
Azizah, Fikrotul
|
|
Description |
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi ulangan harian. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Supervisi Akademik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Berdasarkan hasil analisis data yang diungkapkan pada Bab IV, pada bagian ini peneliti memberikan simpulan dan saran. Kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi ulangan harian dengan menggunakan kelengkapan rencana evaluasi pada 7 orang guru mata pelajaran yang berbeda di MTs Negeri 1 Kabupaten Kediri berimplikasi terhadap kemampuan guru dalam menyusun perangkat evaluasi. Peningkatan hasil kompetensi dapat dilihat dari peningkatan rata-rata guru dalam melaksanakan evaluasi ulangan harian siklus I baru tercapai 66,46% dengan kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 88,29% dengan kategori sangat baik (SB). Sehingga antara siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,83%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, melalui supervisi akademik pada 7 orang guru mata pelajaran yang berbeda di MTs Negeri 1 Kabupaten Kediri dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi ulangan harian semester II tahun pelajaran 2017/2018
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/155
10.28926/jprp.v1i2.155 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 418-431
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/155/96
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|