Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata
|
|
Creator |
Hartati, Arina Aswin
|
|
Description |
Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media kartu kata. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penerapan metode drill dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, dapat dibuktikan bahwa dengan menerapkan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa inggris pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes membaca kosakata Bahasa inggris mulai siklus I sampai siklus III. Pada siklus I siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata bahasa inggris dengan lafal yang tepat sebanyak 19 anak (59 %). Sedangkan pada siklus IIĀ siswa yang sudak baik dalam membaca sebanyak 24 anak (75 %). Pada siklus III kemampuan siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata Bahasa inggris meningkat menjadi 28 anak (87,5 %). Oleh karena itu, berdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosa kata bahasa inggris dengan lafal yang tepat pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/153
10.28926/jprp.v1i2.153 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 378-399
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/153/94
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|