Record Details

Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata
 
Creator Hartati, Arina Aswin
 
Description Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media kartu kata. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penerapan metode drill dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, dapat dibuktikan bahwa dengan menerapkan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa inggris pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes membaca kosakata Bahasa inggris mulai siklus I sampai siklus III. Pada siklus I siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata bahasa inggris dengan lafal yang tepat sebanyak 19 anak (59 %). Sedangkan pada siklus IIĀ  siswa yang sudak baik dalam membaca sebanyak 24 anak (75 %). Pada siklus III kemampuan siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata Bahasa inggris meningkat menjadi 28 anak (87,5 %). Oleh karena itu, berdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosa kata bahasa inggris dengan lafal yang tepat pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/153
10.28926/jprp.v1i2.153
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 378-399
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/153/94
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)