Record Details

Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Rpp Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui In House Training Pada Smp Binaan Di Kabupaten Blitar Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Rpp Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui In House Training Pada Smp Binaan Di Kabupaten Blitar Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
 
Creator Winarto, Kabul
 
Description Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kinerja guru dalam menyusun RPP di masa pandemi Covid-19 dengan pelaksanaan kegiatan In House Training. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleks. Subjek penelitian adalah 20 guru pada SMP binaan di Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan In House Training terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dalam menyusun RPP di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian kinerja guru-guru pada SMP binaan di Kabupaten Blitar dalam menyusun RPP di masa pandemi Covid-19 pada kondisi awal rata-rata nilai 44,72 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 71,72 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 88,50 dan masuk dalam kategori Baik (B). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan In House Training terbukti dapat meningkatkan kinerja guru-guru pada SMP binaan di Kabupaten Blitar dalam menyusun RPP di masa pandemi Covid-19.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/150
10.28926/jprp.v1i2.150
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 340-354
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/150/91
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)