Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Ketuntasan Belajar Pada Materi Reaksi Redoks Dan Sel Elektrokimia Kelas Xii Ipa 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019-2020 Sma Negeri 6 Madiun

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Ketuntasan Belajar Pada Materi Reaksi Redoks Dan Sel Elektrokimia Kelas Xii Ipa 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019-2020 Sma Negeri 6 Madiun
 
Creator Sumarni, Tintin Dwi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan ketuntasan belajar siswa pada materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA-2 SMA Negeri 6 Madiun tahun pelajaran 2019-2020.. Metode pengumpulan data menggunakan data hasil tes , lembar pengamatan aktifitas dan data pengelolaan pembelajaran. Sedangakan perangkat yang digunakan adalah RPP, Hand Out, dan Lembar Kerja Siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan ketuntasan belajar siswa pada materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia. Pada siklus I persentase ketercapaian minat tinggi sebesar 20% ( 6 siswa ) dan meningkat pada siklus II menjadi 53% (16 siswa). Peningkatan prestasi belajar dilihat dari aspek pengetahuan pada siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 36,67% dengan rata-rata nilai 63,10 sedangkan ketuntasan klasikal meningkat pada siklus II menjadi 86,67% dengan rata-rata nilai 85,33. Sedangkan aktifitas positif lain yang diamati diantaranya aktifitan guru dan siswa serta pengelolaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/147
10.28926/jprp.v1i2.147
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 308-319
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/147/89
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)