Record Details

Implementasi Metode Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Fisika tentang Generator untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IX-G Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Metode Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Fisika tentang Generator untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IX-G Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Widjaja, Akhmad Hilal
 
Description Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tulungagung. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah  seluruh siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Observer terdiri atas dua orang Guru yaitu, Akhmad Hilal Widjaja M.Pd dan Bapak Mujiono, S.Pd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan Metode Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Fisika pada siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : Penerapan Metode Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung.  Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai Fisika siswa Kelas IX-G dari pra siklus, siklus I sampai Siklus II. Pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 14 siswa atau 46,7%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 22 siswa atau 73.3%, pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 29 siswa atau 96,7% dari 30 siswa. Dari pra siklus kemudian dilaksanakan siklus I prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 26,7%. Dan dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 23,3%. Berdasarkan hasil observasi dan pelaksanaan siklus I dan II juga dapat kita amati adanya perubahan kenaikan prosentase dalam menyiapkan alat dan bahan, keruntutan langkah-langkah siswa dalam melaksanakan percobaan, keaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan percobaan, keaktifan siswa ketika berdiskusi dan hasil akhir atau simpulan yang diperoleh dari hasil kegiatan diskusi.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/145
10.28926/jprp.v1i2.145
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 298-307
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/145/88
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)