Implementasi Metode Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Fisika tentang Generator untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IX-G Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Metode Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Fisika tentang Generator untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IX-G Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Widjaja, Akhmad Hilal
|
|
Description |
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tulungagung. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah seluruh siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Observer terdiri atas dua orang Guru yaitu, Akhmad Hilal Widjaja M.Pd dan Bapak Mujiono, S.Pd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan Metode Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Fisika pada siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung, dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut : Penerapan Metode Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tulungagung. Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai Fisika siswa Kelas IX-G dari pra siklus, siklus I sampai Siklus II. Pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 14 siswa atau 46,7%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 22 siswa atau 73.3%, pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 70 ada 29 siswa atau 96,7% dari 30 siswa. Dari pra siklus kemudian dilaksanakan siklus I prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 26,7%. Dan dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 23,3%. Berdasarkan hasil observasi dan pelaksanaan siklus I dan II juga dapat kita amati adanya perubahan kenaikan prosentase dalam menyiapkan alat dan bahan, keruntutan langkah-langkah siswa dalam melaksanakan percobaan, keaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan percobaan, keaktifan siswa ketika berdiskusi dan hasil akhir atau simpulan yang diperoleh dari hasil kegiatan diskusi.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/145
10.28926/jprp.v1i2.145 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 298-307
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/145/88
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|