Record Details

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Dadu Angka

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Dadu Angka
 
Creator Hidayat, Sarif
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan Kemampuan kognitif mengenal bilangan 1-10 melalui permainan dadu angka. 2). Mendeskripsikan penerapan permainan dadu angka untuk mengenal bilangan 1-10 melalui kemampuan kognotif. Penlitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Dharma Wanita I Keniten sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita I Keniten Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Dari hasil penelitaian menunjukkan terjadi peningkatan hasil penilaian anak didik pada tiap siklusnya yang mana pada tindakan SiklusI 33,3% anak mendapatkan bintang 2,40% anak mendapatkan bintang 3. Pada tindakan Siklus II 13,3% anak mendapatkan bintang 2,46,7% anak mendapatkan bintang 3. Sedangkan pada tindakan siklus III 6,7% anak mendapatkan bintang 2,73,3% anak mendapatkan bintang 3 dan 20% anak mendapatkan bintang 4. Penelitian perkembangan kognitifini dapat ditindaklanjuti dengan perkembangan yang lain, seperti mengembangkan aspek fisik/motorik anak melalui bermain dadu angka, sehingga proses belajar mengajar menjadi semakin menarik bagi anak, sedangkan bagi wali murid sebaiknya menyediaka nalat permainan edukatif untuk menunjang kemampuan mengenal lambing bilangan pada anak usia dini, karena sambil bermain anak akan belajar.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
 
Date 2021-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/137
10.28926/jprp.v1i2.137
 
Source Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021; 288-297
2798-5628
2798-3331
10.28926/jprp.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/137/78
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)