Implikasi Model Artikulasi sebagai Langkah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa yang Memuat Sandiwara pada Siswa Kelas IX-D Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implikasi Model Artikulasi sebagai Langkah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa yang Memuat Sandiwara pada Siswa Kelas IX-D Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Wahyuni, Enik Sri
|
|
Description |
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-D. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Sandiwara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Artikulasi untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Sandiwara siswa Kelas IX-D SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,6% dan pada siklus II 86,4%.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/22
10.28926/jprp.v1i1.22 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP); Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021; 216-232
2798-5628 2798-3331 10.28926/jprp.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/22/22
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP)
|
|